Pencurian Perabot Virtual, Polisi Turun Tangan


HELSINKI - Sebuah pencurian virtual dilakukan di dunia maya. Untuk mengusutnya, polisi Helsinki di dunia nyata pun dikerahkan.

Sejumlah besar properti virtual diklaim telah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak tanggung-tanggung, properti virtual itu ternyata milik dari 400 orang anggota game jejaring sosial bernama Habbo Hotel.

Dilansir melalui Yahoo News, Rabu (2/6/2010), kepolisian Helsinki dikerahkan untuk mencari pelaku pencurian tersebut. Pasalnya, sang pencuri melakukan hal itu dengan membobol akun milik beberapa orang anggota Habbo Hotel virtual.

Pencuri dunia maya itu menggunakan pesan hoax yang disematkan di halaman sebuah situs untuk mencuri nama dan password anggota Habbo Hotel. Nama dan password tersebut kemudian digunakan untuk mencuri properti yang dimiliki anggota, bahkan digunakan juga untuk membeli hadiah-hadiah virtual di Habbo.

Sebagai upaya investigasi, polisi telah memeriksa komputer di beberapa rumah di lima kota di Finlandia, dan mewawancara beberapa orang tersangka.

"Meski nilai kerugian belum diketahui namun beberapa anggota mengaku mengalami kerugian yang cukup signifikan," ujar pihak kepolisian di Helsinki.

Habbo Hotel sendiri merupakan situs jejaring sosial yang cukup populer di Helsinki. Bertema sebuah hotel virtual, pengguna dimungkinkan untuk menciptakan karakter dan lingkungan sendiri, tentunya dengan asesoris dan properti virtual pendukung yang bisa dibeli dengan uang asli. Di Habbo Hotel, pengguna juga bisa memelihara hewan piaraan dan mendesain kamar milik mereka sendiri.
(srn)

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons