Mengenal Virus Komputer

Apa Itu Virus Komputer?

Virus komputer sejatinya tetaplah sebuah program komputer.

Didefinisikan: “virus komputer adalah program yang bisa mereplikasi dirinya sendiri dengan jalan menumpangi program lain. Proses penumpangan ini bernama “infeksi” dengan tujuan menyebarkan dirinya ke seluruh sistem komputer, lokal dan internet”.

Kemampuan replikasi dengan sendirinya inilah yang membuatnya disebut virus karena memang mirip dengan virus pada dunia nyata. Virus mereplikasi diri untuk melestarikan jenisnya sehingga dapat terus survive dan menghancurkan organisme lain. Inilah definisi untuk virus komputer.

Pada dasarnya, virus komputer dibedakan menjadi dua jenis. Jenis pertama digunakan untuk keperluan penelitian dan tidak dipublikasikan. Jenis kedua adalah virus yang biasa kita kenal, dinamakan virus in the wild. Jenis ini adalah virus yang diciptakan dengan tujuan bersifat menghancurkan.

Berbagai Jenis Virus Komputer
Boot sector virus:
Kerjanya menginfeksi program pada boot sector, sehingga ketika sistem operasi dihidupkan, maka dirinya dapat dieksekusi terlebih dahulu.
File infector virus:
Bekerja dengan menginfeksi program/file lain seperti yang telah didefinisikan di atas.
Multipartite virus:
Bekerja dengan dua fitur dari jenis boot sector dan file infector. Sehingga selain dapat menjangkit boot sector (bisa dieksekusi sebelum OS bootup) dia dapat menyerang file lain seperti yang dilakukan jenis File Infector.
Macro virus:
Macro adalah script yang berisi perintah program otomatis. Saat ini, banyak aplikasi umum yang menggunakan macro. Contoh program yang bekerja dengan macro ialah. Microsoft Office pada umumnya dan K-3D pada khususnya. Jenis ini menjangkiti program macro dari sebuah file data atau dokumen (yang biasanya digunakan untuk global setting seperti template Microsoft Word), sehingga dokumen berikutnya yang diedit oleh aplikasi tersebut akan terinfeksi pula oleh macro yang telah terinfeksi sebelumnya.
Stealth virus:
Bekerja secara residential (menetap di memory) dan menyembunyikan perubahan yang dilakukannya terhadap sistem. Hal ini dilakukan dengan mengambil alih fungsi sistem operasi sehingga jika ada program lain meminta informasi dari bagian sistem yang telah dijangkiti virus ini, maka virus akan memberi informasi palsu (sesuai dengan keadaan sebelum infeksi) seolaholah sistem berfungsi dalam keadaan baik tanpa gangguan.
Polymorphic virus:
Virus yang melakukan perubahan kode tubuhnya secara berkala sehingga sulit dideteksi oleh antivirus.
Companion virus:
Adalah virus yang bekerja dengan berpura-pura menggantikan file yang hendak diakses oleh pengguna. Sebagai contoh dalam sistem operasi Windows XP, file A.EXE dapat diinfeksi dengan membuat sebuah file dengan nama A.COM. Windows akan terlebih dahulu akan mencari file berekstensi COM sebelum file dengan ekstensi EXE. Setelah A.COM telah dieksekusi, kemudian A.EXE akan dieksekusi pula sehingga file tersebut terinfeksi pula.
Tunneling virus:
virus ini mencoba untuk mengambil alih interrupt handlers pada DOS dan BIOS, kemudian meng-install dirinya sehingga berada ‘di bawah’ program-program lainnya. Dengan ini virus dapat menghindari hadangan dari program anti virus sejenis monitors.
Fast Infectors Virus:
kerjanya tidak hanya menyerang ketika program dieksekusi, melainkan juga ketika diakses. Hal ini bertujuan untuk menumpangi perangkat anti virus sebagai media penyebaran ketika melakukan pengecekan terhadap file-file di dalam komputer.
Slow Infectors Virus:
merupakan kebalikan dari fast infectors, di mana virus hanya akan menyebar ketika file-file target diciptakan atau dimodifikasi. Hal ini bertujuan untuk memperdaya anti virus sejenis integrity checkers dengan menumpangi proses yang ‘sah’ untuk mengubah sebuah file.

Armoured virus:
merupakan virus yang dibuat sedemikian rupa sehingga sulit untuk peneliti antivirus dalam mempelajari cara mereka bekerja.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons