Pencak Silat Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Jakarta - Indonesia muncul di Piala Dunia. Bukan dalam bentuk tim nasional sepakbolanya, melainkan melalui perguruan silat yang ikut parade pembukaan event empat tahunan itu.

Perguruan yang dimaksud adalah Perguruan Pencak Silat Al Azhar di Afrika Selatan. Mereka dipastikan mengikuti parade pembukaan Piala Dunia yang bertajuk Mushanda Parade di Burger Park, Pretoria, Kamis (10/6). Dan dalam parade tersebut mereka rencananya akan membawa bendera Indonesia.

Mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault, pun senang mendengar hal ini. Apalagi ia sendiri mengaku, dirinya selaku pembina sudah lama mensosialisasikan olahraga pencak silat di sana.

"Jadi begini ceritanya. Sudah sejak tahun lalu saya diminta oleh pihak Afrika Selatan untuk mensosialisasikan pencak silat di sana. Saya pembina di Al-Azhar, dan saya sudah ikut dari sejak SD."

"Mereka kemudian tertarik dan minta beberapa orang pelatih. Ternyata antusiasmenya di sana cukup tinggi dan kita jadi surprise," tuturnya kepada detikSport.

Namun demikian, para pengusung bendera Merah-Putih dan mendemonstrasikan pencak silat tersebut bukanlah orang Indonesia. Toh, Adhyaksa mengaku dirinya tak bermasalah dengan hal tersebut

"Bagi saya yang penting adalah Merah-Putihnya. Dari awal saya mengatakan, penghalang dari pengabdian itu pamrih."

"Saya juga sudah bilang kepada Menpora (Andi Mallarangeng) untuk melihat prestasi olahraga seperti ini. Saya sudah minta bertemu, namun katanya beliau sedang sibuk," tukasnya.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons