Tips Bangun Tidur Penuh Energi

Tidur sudah delapan jam per hari. Tapi, mengapa ketika bangun tidur badan terasa lemas dan tak bertenaga? Kemungkinan besar, jawabannya adalah tidur anda tidak berkualitas. Seperti dikatakan CEO Clayton Sleep Institute si St Louise, Joseph Ojie, kuantitas tidak menjamin kualitas. “Itulah yang kerap disalah artikan oleh kebanyakan orang. Padahal , anda cukup tidur bukan berarti tidurnya nyenyak,” tukasnya.

Sebenarnya begini, energy dalam tubuh diisi lewat tidur. Disini pentingnya tidur berkualitas. Energy yang dikumpulkan saat tubuh tak sadar adalah bekal aktifitas anda sepanjang hari kedepan. Menjalani hari dengan ‘kekuatan’ penuh bias meredam resiko penyakit jantung, diabetes dan depresi. Selain itu, otak pun bias lebih cepat memproses informasi yang masuk.

Ingin merasakan tidur berkualitas? Tak ada salahnya mencoba beberapa tips berikut agar anda bias bangun tidur dalam keadaan fresh dan penuh energy.

1.Hindari Minum Alkohol di malam hari

Beberapa gelas alcohol bias membuat mata cepat ngantuk? Itu betul, sayangnya, begitu pengaruh alcoholnya hilang, tubuh malah inginnya terjaga terus. Empat atau lima jam setelah minum-minum, anda akan terbangun dan susah tidur lagi. Karena itu, daripada mengandalkan alcohol lebih baik anda minum teh hangat. Lakukan juga mandi air hangat

2. Bernafas dengan benar

Kalau anda termasuk yang berisik saat tidur alias mendengkur, bias jadi itu yang membuat badan tersa lelah ketika bangun tidur. Kebiasaan yang satu ini menghalangi oksigen ke otak, meningkatkan detak jantung dan membabat level energy anda.. untuk mengatasinya, coba tidur dengan posisi menyamping, bukan telentang. Gunakan dua atau tiga bantal agar kepala terangkat dan aliran udara ke paru-paru lebih lancer. Kalau dengkuran tak kunjung pergi , segera konsultasi ke dokter.

3. Perhatikan Jadwal Olahraga

Olahraga meningkatkan kualitas tidur kalau waktunya tepat. Berolahraga jor-joran sebelum tidur bisa membuat anda terjaga untuk 3-4 jam ke depan. Mata sudah lelah, tapi tubuh belum selesai mendinginkan dirinya. Untuk itu, sebaiknya berolahraga setidaknya empat jam sebelum tidur. Lebih baik lagi, pergi ke gym di pagi atau waktu makan siang. Anda akan merasakan lanjakan energy selama sisa jam kerja.

4. Kosongkan pikiran

Ini ‘penyakit’ umum kebanyakan kaum di usia produktif. Apa yang terjadi di kantor, masih saja dibawa-bawa diatas tempat tidur. Bahkan, ada sebagian yang suka menaruh laptopnya diatas kasur dan menjadikannya mainan sebelum tidur. Sebaiknya, 1 jam sebelum tidur, tubuh sudah beristirahat. Artinya , mata tidak lagi menatap layar televise, computer atau handphone; tangan tak lagi tak tik tuk dipapan ketik; mulut sudah berhenti mengunyah; otakpun sudah selesai memikirkan masalah pekerjaan. Intinya beri sinyal kepada tubuh bahwa anda bakal segera istirahat.

5. Pergi berlibur

Kunjungi tempat-tempat yang jauh dari rutinitas anda. Berlibur, selain member efek jangka pendek berupa hati yang bahagia, juga bisa menjaga mental dan kesehatan fisik dalam jangka waktu panjang. Pulang dari liburan, dijamin tubuh anda kelelahan. Biasanya , ini terjadi karena anda terlalu bersemangat menjelajahi tempat baru. Tubuh lelah hati senang tidurpun jadi nyenyak..

GO.22 Oktober 2009

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons