Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Karena itu, tujuan komunikasi adalah untuk membentuk suatu kebersamaan.

Komunikasi itu dibagi atas 5 yaitu :

1.Komunikasi Satu Arah

Komunikasi satu arah merupakan suatu bentuk komunikasi dimana hanya terdapat satu subjek dalam proses komunikasi dan tidak ada subjek sebagai feedback dari komnikasi tersebut. Contohnya : seorang wanita yang mendengarkan radio atau menonton televisi (TV).

2.Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah merupakan suatu bentuk komunikasi dimana terdapat dua subjek yang saling melakukan proses komunikasi dan terdapat feedback didalamnya. Contohnya : Dua orang pria yang sedang melakukan perbincangan baik secara langsung maupun melalui media seperti telepon, handphone, dan chatting via e-mail.

3. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi yang didalamnya menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

4. Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal merupakan suatu bentuk komunikasi yang didalamnya menggunakan ekspresi wajah, gerak tangan, ekspresi tubuh dan nada suara.

5.Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok diatas mempunyai kesamaan, yakni adanya komunikasi tatap muka, dan memiliki sususnan rencana kerja tertentu untuk mencapai tujuan kelompok.

Sedangkan kelompok itu sendiri merupakan sekumpulan orang yang Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konferensi dan sebagainya (Anwar Arifin, 1984). Michael Burgoon (dalam Wiryanto, 2005) mendefinisikan komunikasi kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagai informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Definisimempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Kelompok ini misalnya keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat dalam mengambil suatu keputusan. Dalam komunikasi kelompok melibatkan komunikasi dua arah.

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi

Media komunikasi dibagi menjadi 2, yaitu : Media Masa dan Media Elektronik

Media masa itu terdiri antara lain sebagai berikut :

1. Majalah

2. Koran

3. Buku

4. Komik

5. Tabloid dll

Sedangkan media elektronik itu terdiri antara lain :

1. Televisi

2. Radio

3. Internet

4. Telepon/Handphone

5. Faximile dll.

Dampak Media Komunikasi baik media masa maupun media elektronik bagi saya

Namun sebelum menjelaskan bagaimana dampaknya dibawah ini adalah pengertian dari media masa;

Media Masa: adalah media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan, bahan baku dasarnya maupun sarana penyampaian pesannya menggunakan kertas. Media cetak menggunakan dokumen atas segala hal tentang rekaman peristiwa yang diubah dalam kata-kata, gambar, dan foto. Contoh : Koran, majalah, tabloid, brosur, pamplet dll

Pengaruh Positif Media massa bagi saya yaitu ,,

Di jaman era serba praktis ini pengaruh media masa bagi saya adalah membantu dalam membudidayakan kebiasaan membaca, karena dengan membaca kita dapat mengetahui semua hal ., dan setelah itu . ketika kita sudah membaca Koran atau lainny , kita dapat memanfaatkan bekas dari Koran tersebut menjadi sebuah komoditi yang sangat bisa menghasilkan.. yaitu misalkan mendaur ulang kertas dan menjadikannya suatu barang kreatifitas.

Pengaruh negatifnya yaitu

Kebalikan dari dampak positifnya, jadi ketika sampah dari Koran atau yang lainnya tidak didaur ulang, maka akan menjadi suatu sampah yang tidak bias diuraikan sehingga ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.. selain dari bentuk atau wujud Koran tersebut dampak negative lainnya datang dari isi kandungan berita/cerita yang terdapat pada media masa yang dapat mempengaruhi si pembaca, isi yang kurang etis atau mengandung sara, pornografi dapat membuat efek negative

* Media Elektronik :Media elektronik adalah sebuah media yang menyampaikan sesuatu, yang berbentuk elektronik. Contoh media elektronik : TV, radio, internet,dllmedia elekrtonik merupakan sumber informasi tercepat

Dampak positif dari media elektronik menurut saya..

Di zaman era globalisasi segala informasi dan semua kebutuhan manusia dapat dengan mudah diperoleh dengan adanya teknologi khususnya internet yang membuat kemudahan-kemudahan bagi kita dalam mencari suatu informasi. Ini pun sangat berpengaruh pada tingkat prestasi. Misalkan.. ketika belum ada internet, mencari bahan kuliah sangat sulit dan lama, tetapi dengan adanya internet semua menjadi lebih praktis dan tentunya lebih cepat. Sehingga mempermudah kita dalam melakukan aktifitas perkuliahan, dan otomatis tingkat prestasi juga dapat meningkat seiring dengan kemudahan tersebut. dampak positif lainny yaitu dengan internet kita menjadi lebih mengetahui informasi dengan cepat dan aktual. informasi yang berada di internet pun sebenarny berasal dari orang yang memiliki internet dan menshare atau mempostingkan informasi yang ia miliki. Jadi ini memotivasi kita agar tidak hanya mengambil tetapi juga membagi informasi,, dengan ini kita menjadi terbiasa..

dampak negatif nya pun ada ,, isi-isi yang terdapat di internet blum tentu mengandung nilai yang baik dan bermanfaat, ketika kita menggunakan internet sebenarnya kita di hadapkan pada suatu pilihan yang baik maupun buruk,, ini semua menjadi tugas kita untuk menentukan apa yang akan lakukan selanjutnya,,, penyalahgunaan teknologi dapat merugikan banyak orang.

SUMBER: WIKIPEDIA

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons