Perusahaan Teknologi Terbesar, Apple Geser Microsoft


Microsoft

SEATTLE - Dominasi Microsoft ternyata semakin jatuh. Puncaknya, posisi sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia yang selama ini dimiliki Microsoft harus rela tergeser oleh Apple.

Dilansir Reuters melalui data dari Thomson Reuters Datastream, Kamis (27/5/2010), saham Apple di Nasdaq pada Rabu, 26 Mei, kemarin naik hingga 2,8 persen. Kenaikan ini berimbas pada nilai pasar Apple yang akhirnya berada di atas Microsoft.

Pada saat penutupan pasar kala itu, nilai pasar Apple menjadi USD222 miliar, cukup berada di atas angin dibanding saham nilai Microsoft yang hanya sekira USD219 miliar.

Saham Apple ditutup menurun 0,4 persen pada kisaran USD244,11 di bursa Nasdaq, sedangkan Microsoft turun 4 persen menjadi lebih rendah dalam tujuh bulan sebelumnya, USD25,01.

Saham Apple ternyata bernilai 10 kali lipat dari yang pernah mereka dapatkan 10 tahun yang lalu. Keuntungan ini dikontribusi paling besar dari produk-produk inovatif buatan Steve Jobs dkk, seperti iPod, iPhone, dan laptop Macbook. Terakhir kali Apple meraih nilai pasar lebih tinggi ketimbang Microsoft yaitu pada tahun 1989, tepatnya pada 19 Desember.

Namun begitu, untuk masalah penjualan, Microsoft masih memimpin Apple. Pada kuartal sebelumnya, Microsoft melaporkan revenue sekira USD14,5 miliar, sedangkan Apple hanya USD13,5 miliar.
(srn)

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons