Konsisten, Nokia Tak Akan Gunakan Android

SINGAPURA, KOMPAS.com - Meski sama-sama operating system (OS) bersifat open source, produsen smartphone asal Finlandia Nokia tidak akan pernah menggunakan Android untuk smartphone yang diproduksinya. Nokia lebih memilih Meego dan Symbian.

"Tidak, untuk saat ini kami (Nokia) tidak akan menggunakan operating system Android. Kami lebih memilih Symbian karena sudah terbukti kegunaannya," kata Jo Harlow, Senior Vice President of Smartphones Nokia, pada acara Nokia Connection 2010 di Singapura, Senin (14/6/2010), beberapa saat lalu.

Dalam perspektif operating system, Harlow menyebut kompetitor potesial saat ini adalah Android dan Windows Mobile. "Memang tidak ada yang tidak mungkin, Nokia menggunakan Android juga mungkin saja. Tetapi untuk saat ini Nokia tidak akan menggunakan Android meski sama-sama open source," kata Harlow.

Saat ditanya alasannya, Harlow menjelaskan, Nokia memiliki bisnis serius yang disebut Ovi yang selama ini menggunakan Symbian. "Menggunakan platform Android akan menjadikan strategi Nokia tidak konsisten," katanya.

Hal senada diungkapkan Kenny Mathers, Head of Developer Relations and Marketing Asia Pasific. Mennurut dia, Symbian sudah beroperasi selama 12 tahun terakhir dan telah banyak digunakan sejumlah produsen smartphone, termasuk Nokia. "Sangat tidak mungkin meninggalkan Symbian yang sudah kita (Nokia) gunakan selama belasan tahun dengan operating system baru," katanya.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons