Banjir kiriman dari Bogor??


Akhir-akhir ini cuaca yang tidak menentu banyak mempengaruhi kegiatan orang pada yang umumnya banyak melakukan aktifitas , di awal tahun ini adalah masa dimana curah hujan tinggi yang akan mencapai puncak hujan di bulan februari. Memang bukan hal yang aneh lagi jika setiap musim hujan ada saja hal-hal yang merugikan meskipun ada juga hal yang menguntungkan bagi kita..

Dikota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya ketika musim hujan turun pasti akan menimbulkan kegelisahan ketika mereka dihadapkan pada kemungkinan banjir yang mereka hadapi setiap tahunnya, belum adanya tindakan untuk mencegah terjadinya banjir tersebut. Pembangunan proyek banjir kanal timur yang dibuat DKI mungkin hanya bisa mengurangi sedikit debit air yang melimpah dari sungai ciliwung, tetapi sebenernya seharusnya yang harus dilakukan adalah bermula dari masyarakatnya daerah sekitar itu sendiri. Seringkali banjir yang terjadi dijakarta disebut banjir kiriman dari bogor karena air yang mengalir dan meluap di Jakarta berasal dari kota Bogor yaitu kota hujan tetapi saya tidak setuju dengan itu , bukan karena saya yang berdomisili di bogor lantas membela kota kami, alangkah baiknya kita melihat dari sisi lainnya ..

Dilihat dari letak geografis dari Jakarta yang berada sedikit diatas permukaan laut yang memungkinkan aliran sungai tidak dapat masuk ke laut dengan baik sehingga air meluap di pemukiman penduduk, lain halnya bila kita melihat dari kondisi sungai di Jakarta itu sendiri yang sangat memperhatinkan, banyaknya warga bantaran kali yang membuang sampahnya itu ke dalam sungai sehingga terjadi penghambatan dan pendangkalan sungai yang membuat air tidak dapat mengalir dengan baik ke laut,. Selain itu di hulu , yaitu di puncak bogor yang berfungsi sebagai daerah resapan sekarang telah bnyak dibangun villa-villa yang dibangun oleh rata2 orang-orang dari ibukota yang digunakan untuk beristirahat. Pembangunan villa-villa di daerah resapan membuat air yang seharusnya bisa sedikit diserap oleh bumi agar tidak terlalu banyak mengalir ke sungai.. jadi dalam hal ini yang diperlukan adalah kesadaran dari manusia itu sendiri yang tidak bisa menjaga kondisi lingkungan..

Jadi rasanya sebutan banjir kiriman dari bogor kurang pantas karena semuanya bias terjadi karena dari banyak sebab .. mulailah dari sekarang untuk bisa menjaga lingkungan dan merawatnya karena alam akan bersahabat jika kita pun bersahabat dengannya.

2 komentar :

wahyu mengatakan...

ah emank dah, bogor kalo ujan mulu pasti banjir..untung rumah saya tidak kebanjiran... :-p

rissqy mulya akbar mengatakan...

itu sih menurut w, sebabnya dari orang sananya..

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons