ISO/IEC 20000:2011






ISO/IEC 20000:2011 merupakan standard internasional yang berhubungan dengan  IT Service Management. Yang menjadi salah satu bagian dari ISO/IEC 20000 ini yaitu perlunya proses pendekatan terintegrasi penyedia jasa dengan melakukan proses plans, establishes, implements, operates, monitors, reviews, maintains dan peningkatkan service management system (SMS). Tujuan dari ISO/IEC 20000:2011 adalah untuk memberikan standard acuan umum untuk setiap perusahaan yang memberikan layanan IT baik terhadap pelanggan internal maupun eksternal. 
ISO/IEC 20000 series sendiri terdiri dari beberapa bagian dokumen :
  1. ISO/IEC 20000-1:2011
Mengenai service management system requirement. Pada bagian ini berisi spesifikasi standar dalam bentuk formal dan juga menggambarkan aktifitas, dokumen serta records yang didefinisikan didalam 256 statement.
  1. ISO/IEC 20000-2
Mengenai Guidance on the application of service management systems. Pada bagian ini menggambarkan prosedur secara detail dan menyediakan panduan kepada auditor serta memberikan rekomendasi terhadap rencana-rencana yang akan dilakukan kepada penyedia jasa layanan untuk peningkatan service/layanan yang didefinisikan pada “should” statement. 
  1. ISO/IEC TR1 20000-3
Mengenai Guidance on scope definition and applicability of ISO/IEC 20000-1. Bagian ini berisi panduan dalam mendefinisikan cakupan-cakupan untuk standardisasi dan penerapan standardisasi.
  1. ISO/IEC TR 20000-4
Mengenai Process reference model. Bagian ini memfasilitasi pengembangan proses penilaian yang disebutkan dalam ISO/IEC TR 15504-8 tentang Information technology – process assessment.
  1. ISO/IEC TR 20000-5
Mengenai Exemplar implementation plan for ISO/IEC 20000-1. Bagian ini menyediakan pedoman implementasi penerapan standard.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons