SoftPerfect Network Scanner


Jika anda mengakses sebuah komputer yang berada di sebuah jaringan, misalkan di kampus, kantor, atau warnet, maka anda dapat menjelajah di jaringan tersebut untuk sekedar mencari-cari file yang dapat anda ambil, yang memang sengaja di share oleh pemiliknya. Dengan SoftPerfect Network Scanner, anda akan sangat terbantu untuk menjelajah jaringan dengan mudah.

Aplikasi ini tidak perlu diinstall, sehingga anda dapat menyimpan dan menjalankannya di removable media seperti flash disk. Dengan aplikasi ini anda dapat melihat IP address komputer anda dengan mudah. Untuk melakukan proses scaning jaringan anda cukup memasukkan IP address range dari suatu jaringan.

IP address terdiri dari 32 bit yang terbagi menjadi 4 bagian yang masing-masing terdiri dari 8 bit. Jika misalkan IP address komputer anda adalah 152.118.27.13, maka anda tinggal mengubah 8 bit terakhir atau 16 bit terakhir sebagai IP address range tergantung subnet mask yang digunakan, misalkan untuk contoh IP address diatas, IP address rangenya adalah 152.118.27.1 s/d 152.118.27.255 atau 152.118.27.1 s/d 152.118.30.255.

Untuk mengetahui IP address dari komputer anda, anda cukup mengklik tombol bertuliskan IP. Setelah anda memasukkan IP address range, klik [Start scanning] untuk memulai proses penjelajahan jaringan. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai. Setelah proses scanning selesai maka akan terlihat komputer mana saja yang terkoneksi ke dalam jaringan beserta informasi IP address dan Host Name yang digunakan.

Untuk melihat folder apa saja yang dishare, klik tombol [Expand All] yang bergambar tree dengan tanda tambah berwarna hijau dan terletak disebelah kiri icon bergambar teropong. Untuk melihat isi folder yang disharing anda tinggal mengklik ganda pada folder tersebut.

Ada kalanya folder berisi subfolder atau file yang dihide atau disembunyikan, untuk itu anda harus mengatur setting Windows Explorer anda agar dapat menampilkannya, caranya adalah pada Windows Explorer klik menu Tools > Folder Options > View, kemudian pilih menu [Show hidden files dan folders], kemudian klik [OK]. Masih banyak fungsi-fungsi yang dimiliki aplikasi ini untuk mempermudah proses penjelajahan jaringan Sekalipun nantinya anda tidak mendapatkan file yang dapat anda ambil, setidaknya kini anda akan tahu bagaimana pemetaan IP address pada suatu jaringan. Selamat menjelajah. (wp)

studentsite

SoftPerfect Network Scanner



sumber:http://www.wikanpribadi.com/softperfect-network-scanner-jelajah-jaringan-dengan-mudah/

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons