Latar Belakang

BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah

Tingkat kebutuhan manusia terhadap komputer semakin hari semakin meningkat dan sudah tidak dapat dipungkiri bahwa komputer mempunyai peranan penting di dalam berlangsungnya kegiatan suatu perusahaan. Dampak positif dari adanya komputer dalam suatu perusahaan adalah proses dalam penyimpanan data, pengolahan data dan pemberian data dan informasi dapat dilakukan dengan cepat, akurat dan tepat waktu.
Kemajuan teknologi komputer sebagai pendukung pemrosesan data dan informasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi perusahaan baik perusahaan industri, jasa maupun sektor ekonomi.
Konsuil adalah singkatan dari Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik . KONSUIL merupakan lembaga independent yang ditetapkan oleh Menteri berdasarkan KEPMEN ESDM No. 1109 K/30/MEM/2005 Tanggal 21 Maret 2005 yang berisi : Penetapan Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (KONSUIL) sebagai lembaga pemeriksa instalasi pemanfaatan tenaga listrik konsumen tegangan rendah.
Penulis menyadari bahwa proses perhitungan biaya yang dilakukan masih secara manual, ini menyebabkan terjadinya masalah seperti lambatnya proses perhitungan biaya pada setiap transaksinya. Maka dari itu penulis membuat suatu aplikasi yang berhubungan dengan pengolahan data transaksi yaitu “aplikasi pengolahan data konsumen listrik tegangan rendah” ,dimana penerapannya dapat meningkatkan proses pelayanan dan menghasilkan data yang lebih akurat.
Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan perangkat lunak Visual Basic.Net 2008 dan Microsoft SQL Server 2005, perangkat lunak ini sepenuhnya digunakan penulis untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu dalam pembuatan aplikasi dalam penulisan ilmiah ini. Kelebihan yang terdapat pada perangkat lunak yang penulis gunakan ialah perangkat pengembangan Multi bahasa yang menyeluruh untuk membangun secara cepat dan memadukan XML Web Service dan aplikasi yang secara dramatis meningkatkan produktivitas serta didesain dengan integrasi yang dalam menggunakan standard internet dan protokol.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons