PC atau konsol game, mana yang Anda pilih?

Sejarah mencatat bahwa PC bukanlah satu-satunya pilihan terbaik yang dipilih banyak orang saat bermain games (online). Sampai kemudian muncul konsol pertama yang menyertakan modem untuk bermain secara online, yakni Sega Dreamcast, yang diluncurkan di Jepang pada tahun 1998. Sayangnya Dreamcast tidak sukses besar, hingga menghentikan produksinya tahun 2001. Dan pada paruh kedua tahun 2002 muncul Playstation 2, Xbox, gamecube dengan kemampuan online. Secara alamiah, generasi konsol melahirkan banyak fitur Internet-nya untuk meningkatkan gameplay.


Saat ini konsol game mulai meluaskan update gamenya yang sebelumnya hanya tersedia pada PC, seperti web browser. Beberapa judul game terkenal saat ini sudah dapat diputar di seluruh platform, seperti Final Fantasy XI. Kecuali World of Warcraft yang eksklusif masih diperuntukkan hanya untuk PC.









Tentu saja ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih PC atau konsol untuk bermain game. Terutama sekali adalah jenis games apa yang dimainkan atau berapa banyak uang yang ingin dibelanjakan.


Keuntungan Konsol game
1. Yang paling nyata memiliki konsol dibanding PC adalah masalah cost. Sebuah konsol yang dibundel harganya dua kali lebih murah jika dibandingkan untuk membeli sebuah PC untuk bermain game.

2. Yang kedua adalah masalah ke-praktisan. Konsol lebih praktis dan tidak memerlukan sistem operasi untuk konfigurasi kesesuaian untuk update driver untuk mengetahui bahwa game kompatibel atau tidak dengan sebuah PC.

3. Multiplayer game juga mudah dilakukan sekarang ini dengan bantuan vendor seperti Microsoft yang menawarkan layanan online untuk produk mereka. Begitu juga dengan Xbox yang dilengkapi dengan sebuah network card untuk koneksi via Internet lengkap dengan voice chat.

4. Satu hal yang yang menarik dengan konsol adalah bahwa banyak orang lebih memilih untuk bermain games dengan duduk di kursi malas, atau bermain secara masal dengan teman-teman dalam satu kamar.

5. Konsol cenderung memiliki kurva pemahaman untuk belajar permainan game relatif rendah.


Kerugian menggunakan konsol
1. Konsol adalah mesin dengan kesatuan yang tidak sederhana, ketika beberapa komponen rusak, tidak ada cara untuk memecahkan masalah tanpa harus mengganti seluruh konsol. Dan yang pasti sulit untuk melakukan upgrade terhadap konsol.
2.Konsol tidak fleksibel dan hanya dapat digunakan untuk bermain game, sementara PC dapat digunakan sebagai mesin yang multifungsi.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons